Cara Menyingkat URL – Membuat Link Pendek

Setelah saya berbagi cara membuat link ulasan Google Bisnisku kepada teman-teman UMKM & IKM, tidak sedikit yang menanyakan bagaimana cara menyingkat URL – membuat link pendek atau bagaimana sebaiknya membuat link pendek.

Jika artikel atau tulisan ini bermanfaat, mohon dibagikan di media sosial Anda, karena pintar sendirian itu gak keren tapi pintar bareng-bareng karena belajar bersama itu jauh lebih keren. Izinkan saya menjelaskan caranya sebagai berikut:

Gunakan S.id

Pada tahun 2014, Pandi (Pengelola Domain Indonesia) meluncurkan layanan penyingkat tautan situs web (uniform resource locator-URL shortener), S.id (s dot id). Sebuah penyingkat URL  dengan ekstensi basis Indonesia ini akan berguna bagi teman-teman untuk menyingkat alamat web yang panjang jika ingin dipublikasikan di media lain, seperti halaman web atau jejaring sosial.

Karena ekstensinya yang ID yang menunjukan lokasi servernya ada di Indonesia ini, akan sangat berguna untuk mempercepat akses bagi pengguna membuka linknya. Terutama jika pengguna atau pelanggan teman-teman berada di Indonesia.

Bagaimana caranya?

Tahapan Penggunaan S.id

Chrisma Wibowo - Cara Menyingkat URL - Membuat Link Pendek_01

Pertama-tama buka browser Chrome pada PC, laptop atau ponsel Anda. Kemudian ketik “https://s.id” pada kotak kosong putih paling atas pada browser Chrome Anda. Kenapa saya menjelaskan sedetil ini? Karena tidak sedikit banyak para teman-teman pengusaha UMKM dan IKM tidak mengetahui cara menulis link pada browser Chrome -nya. Semoga dengan penjelasan seperti ini bisa memudahkan Anda.

Setelah Anda melihat halaman utama s.id, maka Anda telusuri halaman tersebut. Biasakan Anda membaca dan kenali lingkungan halaman website yang Anda buka. Kenapa? Agar Anda dapat mengenali dan tahu apa yang bisa Anda lakukan di halaman web tersebut.

Pada pojok kanan atas, ada dua pilihan, antara “Masuk” atau “Mendaftar”. Tentu jika Anda yang baru pertama kali ke halaman s.id, maka sebaiknya Anda “Mendaftar” dan jika Anda sudah punya login email, silahkan pilih “Masuk”.

Kenapa saya menyarankan teman-teman untuk mendaftarkan email Anda di s.id ini? Karena jika Anda mendaftarkan email Anda, maka teman-teman bisa mengubah atau mengedit penyingkat nya menjadi sebuah kata yang bisa mengindentifikasikan usaha teman-teman, seperti menjadi singkat seperti ini: https://s.id/ulaschrisma daripada https://s.id/4xbnz. Tidak ada yang bisa baca dan mengerti apa itu 4xbnz, iya kan??

Chrisma Wibowo - Cara Menyingkat URL - Membuat Link Pendek_02

Jangan lupa setelah Anda mendaftarkan dengan email Anda, untuk mengkonfirmasinya dengan klik memverifikasi bahwa Anda telah menerima email dari s.id dan SELAMAT, Anda sudah bisa atau mampu mengedit atau mengganti kode perpendek URL Anda.

Chrisma Wibowo - Cara Menyingkat URL - Membuat Link Pendek_04

Setelah teman-teman meng-klik kotak “Verifikasi Alamat Surel”, ini maka Anda akan dibawa langsung ke halaman dashboard s.id Anda. Di halaman dashboard teman-teman nantikan akan terlihat kumpulan-kumpulan URL yang Anda punya atau lakukan dan ada statistik berapa banyak link Anda telah digunakan. Hal ini bisa digunakan sebagai indikasi berapa banyak pemakai link tersebut.

Silahkan “Tempel Anda tautan untuk menyingkat” dan klik singkatkan, maka akan langsung jadi pendek. Dan jangan lupa untuk klik “Ganti” jika Anda ingin mengganti kode pendek itu menjadi kalimat yang mudah dimengerti oleh pengguna atau pelanggan Anda.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke media sosial Anda. Agar semakin banyak manfaat artikel ini untuk jaringan teman Anda.

Jangan lupa untuk subscribe Channel Youtube Chrisma Wibowo, untuk mengetahui jadwal Webinar untuk menyegarkan pengetahuan Anda tentang online marketing.

error: Catatanku ini dilindungi undang-undang!!