Uang Anda Tak Akan Cukup Membayar Hal ini

Banyak orang berpikir bagaimana menjadi bahagia? Bagaimana mendapatkan uang sebanyak-banyaknya? Bagaimana bisnis saya berjalan sukses? Hingga sering lupa bahwa sudah banyak nikmat-nikmat yang sudah diberikan-Nya. Apakah sudah kita mensyukuri-Nya? Apakah kita sudah berterima kasih atas rahmat-Nya? Kita terlalu sibuk melihat apa yang ada di depan mata namun lupa melihat apa yang kita sudah dapat.

Patut kita renungkan, pencapaian-pencapaian yang telah kita capai, ilmu-ilmu yang kita punya, kebisaan-kebisaan yang kita bisa, pundi-pundi yang kita kumpulkan, untuk dapat di manfaatkan oleh orang lain dan membawa kebaikan untuk orang lain. Karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang kehadiran kita untuk melengkapi, membantu saudara-saudara kita lainnya.

Banyak kejadian-kejadian di lingkungan kita, namun berapa banyak yang menjadikan diri kita berarti untuk tiap kejadian itu? Saya yakin banyak kalimat-kalimat penggugah rasa dan asa sudah banyak Anda dengar, namun apakah Anda ingat suara yang datang dari dalam diri Anda sendiri? Karena suara dalam diri Anda adalah suara yang selalu setia menemani Anda dalam susah, sedih, gembira dan sukses. Sering-seringlah melatih mendengarkan suara diri Anda, dan cari tahu apakah suara itu membawa Anda dalam kebaikan atau keburukan. Jika Anda sering melakukan kegiatan yang sejalan dengan Agama, maka saya yakin suara yang di dalam diri Anda akan membawa Anda melakukan kebaikan.

Saat sesi diskusi, berbagi dan belajar, sering saya lakukan untuk mendengar kisah teman-teman lain. Karena dalam mendengar saya bisa tahu lebih banyak dan membuat saya selalu bersyukur atas kisah yang saya alami sehari-hari. Dengan mendengar saya bisa tahu cerita yang lain tanpa harus saya melakukan dan melaksanakan. Hal-hal yang bisa kita lakukan kala mendengar:

  • Semakin dekat dengan Allah SWT atas nikmat yang diberikan.
  • Semakin bersyukur dengan indera yang kita punya
  • Perbanyak belajar dari pengalaman orang lain
  • Mendapatkan semangat baru dari kisah-kisah sukses orang lain
  • Memberikan dukungan dari cerita kegagalan sehingga bersama mencari hikmah dari kisah itu
  • Memberikan daya dukung (penyemangat) untuk diri sendiri karena mendapatkan pengalaman baru dan belajar dari cerita sukses.
Foto koleksi pribadi

Bahagia Itu Sederhana

Tulisan ini mengambil kisah ketika di dalam kelas bisnis online saya di Serang Timur ada peserta kelas seorang wirausahawan yang berbisnis ikan cupang. Iya, ikan cupang, teman-teman. Ikan yang biasa buat main dan mempunyai rasa bersaing tinggi terhadap sesama ikan cupang lainnya, karena keindahan warna-nya cupang kini mempunyai penggemarnya sendiri. Bahkan rekan kita ini bercerita bahwa ada pembelinya hingga dari luar negeri, yaitu Amerika. Dan ini adalah kali pertama beliau mendapatkan pelanggan dari luar negeri. Biasanya seputaran nasional Indonesia. Kini ada orderan luar negeri pasti menyenangkan, karena ternyata ada pasar ikan cupang untuk di luar negeri.

Saya yang mendengar saja merasakan kebahagian, terlihat dari mata rekan pengusaha kita ini hingga berbinar-binar merasakan bahagia bahwa usahanya membawa hasil. Kemudian kita ulas pola bisnis digital nya yang terbaik untuk rekan kita ini, dengan membuka Google keyword planner, terlihat masih sangat sedikit artikel, referensi, atau pencari kata kunci cupang ini, sehingga saya menyemangati beliau untuk memulainya, karena masih blue ocean, atau pasar masih terbuka untuk memulai peran SEO dan SEM-nya.

Rekan kita ini pun masih kuliah, umur masih awal 20-an. Dan beliau kuliahnya di fakultas perikanan. Namun bisnis instingnya sudah jalan dan terlatih. Membuat saya bertambah bahagia dan bersyukur bisa mengenali sosok pemuda Indonesia ini yang akan cikal bakal penerus pengusaha muda. Jika beliau sudah menjadi sarjana perikanan, bukan tidak mungkin ada banyak komoditas ikan-ikan khas Indonesia yang menjadi komoditas ekspor dan mempunyai pasar nya sendiri di International. Kerap ku ucapkan “ALHAMDULILLAH”, bersyukur atas pengalaman ini. Uang Anda tidak akan bisa membayar kan pengalaman saya melihat sebuah kebahagiaan dari sebuah kisah sukses usaha mandiri seorang Mahasiswa dari kamar kost-nya. Rasa puas, rasa lega atas usahanya benar-benar menular kepada kitas semua yang ada dikelas. Semoga semakin banyak pengusaha-pengusaha muda Indonesia dan kisah sukses mereka… AAMIIN

error: Catatanku ini dilindungi undang-undang!!