Apa Beda Google Map dan Google Bisnisku?

Sudah banyak UMKM yang terdaftar di Google Bisnisku, jika Anda belum daftar di Google Bisnisku dan ingin tahu caranya, silahkan nonton linknya di kanal Youtube berikut:

Nah, dari setiap Google Bisnis yang telah terdaftar itu akan memiliki PlaceID atau kode unik setiap tempatnya. Yang telah disesuaikan dengan longitud dan latitud pada peta bumi, sehingga tidak mungkin salah dan tertukar. Kecuali Anda mempunyai Google Bisnisku banyak di satu tempat.

Pada Google Map, semua informasi ada disitu. Dari lokasi pom bensin, restoran, kantor hingga toko-toko teman-teman UMKM. Karena fungsinya memang Google Map untuk menginformasikan alamat usaha atau lokasi tempat-tempat tadi,

Namun, tidak semua apa yang terdata di Google Map itu sama artinya terdata di Google Bisnisku.

Beda Google Map dan Google Bisnis

Google Map berfungsi untuk menginformasikan lokasi-lokasi tempat yang ingin dicari oleh pengguna Google. Sehingga memudahkan pengguna Google untuk pergi tempat itu. Dan Google Map juga sudah terhubung, ini saya pakai kalimat sudah terhubung yaa, sudah terhubung dengan Google Bisnisku. Maka si pengguna Google bisa tahu kualitas, ulasan dan apa yang dia harapkan pada lokasi tujuannya.

Namun, tidak semua yang ada di Google Map itu sudah berbentuk Google Bisnisku. Apalagi banyak banget tempat yang sudah ada di Map namun belum diklaim oleh pemilik tempat itu. Nah ini bisa menjadi kelemahan usaha yang belu diklaim dalam bentuk Google Bisnisku miliknya.

Pemetaan UMKM

Saya dan teman saya Mas Sidiq Prabowo (Bowo) membuatkan pemetaan berbasis web untuk memetakan UMKM yang terdaftar di Google Bisnisku terdekat Anda. Sehingga kita bisa membantu membeli produknya untuk menunjang perekonomian rakyat.

Cukup buka http://umkm.bangundigaya.com, maka teman-teman bisa melihat UMKM terdekat dilokasi kita. Sehingga pengiriman bisa lebih cepat dan pastinya murah.

Mencari PlaceID Usaha Anda

Silahkan teman-teman mencari tempat usahanya melalui gambar dibawah:

Dengan cara sebagai berikut:

  1. Ketik tempat usaha teman-teman di kotak “Enter Location”
  2. Jika usaha teman-teman terdaftar pada Google Bisnisku, maka tempat usaha teman-teman ada. Namun jika tidak ada artinya, tempat usaha teman-teman masih belum milik Anda. Hati-hati bisa diklaim pihak lain.
  3. Kode unik pada bagian bawahnya di tandai (highlight) dan di salin-pasang (copy paste) ke Place ID yang ada di pemetaan UMKM.BangunDigdaya tadi.
  4. Kemudian klik Simpan untuk menyimpan data Anda.

Selesai. Kedepannya kami sedang mengembangkan tombol-tombol untuk bisa interaksi membeli sesuai dengan yang diharapkan teman-teman. Seperti tombol yang bisa mengarahkan ke WhatsApp atau ke MarketPlace yang teman-teman pakai.

Semoga ini bisa meningkatkan konversi dan kesejahteraan UMKM dan para pembeli bisa mendapatkan barangnya lebih cepat dengan biaya pengiriman lebih murah.

error: Catatanku ini dilindungi undang-undang!!